Air Terjun Banyunibo Bantul

Air terjun Banyunibo tidak hanya dimiliki oleh Gunung Kidul, Bantul juga memilikinya. Air terjun ini berada di Dusun Kabrokan Kulon, Desa Sendangsari, Pajangan. Lokasinya tidak jauh dari desa wisata batik kayu, Krebet. Jadi, kalau Kamu sedang berwisata ke Krebet, tidak ada salahnya untuk mampir sejenak di air terjun ini.

Air terjun ini dikelola oleh penduduk sekitar, namun baru ramai pengunjung pada 2013. Puncak ramainya air terjun ini biasanya saat hari libur tiba.

Nah, supaya Kamu tidak terlalu penasaran, simak beberapa hal yang harus diketahui tentang air terjun ini, yuk.

  1. Akses Menuju Air Terjun Banyunibo Bantul

Untuk menuju Banyunibo dari Kota Jogja, Kamu bisa melajukan kendaraanmu menuju ke Jalan Bantul. Kamu cukup terus ikuti jalan hingga sampai di Pajangan. Rute paling mudah adalah melalui Desa Krebet dari arah lampu merah Kasihan di Ring Road Selatan.

Air Terjun Banyunibo Bantul
Air Terjun Banyunibo Bantul

Sesampainya di patung Semar yang berada di desa Krebet, belok kiri, dan ikuti jalan hingga menemukan pertigaan. Ambil jalur kanan untuk menuju ke air terjun Banyunibo tersebut.

Beberapa kilo meter dari air terjun ini, Kamu akan menemukan papan petunjuk menuju air terjun. Papan petunjuk ini cukup kecil dan tersembunyi. Disarankan bertanya ke penduduk sekitar agar Kamu tidak tersesat. Apabila Kamu sungkan untuk bertanya, Kamu bisa mengikuti petunjuk yang ada di google maps, kok.

Air terjun Banyunibo Bantul ini terletak di antara hutan-hutan. Jadi, benar-benar tersembunyi untuk datang kemari, Kamu bisa menggunakan berbagai kendaraan. Namun lebih nyaman apabila Kamu menggunakan sepeda motor karena jalan untuk menuju ke air terjun ini cukup sempit.

Untuk menuju ke air terjun ini dari tempat parkir, tidak begitu jauh seperti air tejjun lainnya, lo. Kamu hanya perlu berjalan kaki sejauh 100 meter saja. Tidak terlalu lelah, kan?

  1. Harga Tiket Masuk di Air Terjun Banyunibo Bantul

Harga tiket masuk ke tempat wisata di Jogja ini juga sangat murah. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 3.000 rupiah saja per orang. Untuk biaya parkirnya, hanya 2.000 rupiah untuk motor dan 5.000 rupiah untuk mobil.

  1. Aktifitas di Air Terjun Banyunibo Bantul

Di tempat wisata ini, Kamu bisa bermain air di bawah air terjun. Kamu bisa menikmati dinginnya air yang jatuh dari ketinggian 10 meter saja. Jadi, bermain air di sekitar air terjun ini relatif aman dan tidak berbahaya.

Kalau kamu tidak ingin bermain air, Kamu bisa menikmati semilir angin dan gemercik air di gazebo-gazebo yang disediakan di sini. Lebih asyik lagi kalau Kamu sambil membawa makanan dan piknik bersama orang-orang tersayang. Diselingi dengan potret memotret membuat liburanmu di air terjun ini jadi lebih menyenangkan.

Tidak membawa bekal makanan? Tenang saja. Ada banyak warga yang menjual berbagai makanan di sekitar air terjun ini. Berbagai menu makanan dijual seperti pecel, nasi rames, aneka olahan mi, dan lain sebagainya. Jadi, jangan takut kelaparan bila berwisata kemari, ya.

Nah, buat Kamu yang ingin menyegarkan pikiran dan tubuh, tidak ada salahnya mampir ke air terjun Banyunibo ini weekend ini. Lokasinya yang berada di dalam hutan dan jauh dari perkotaan tentu membuatmu bisa merasakan rileks. Kamu pun siap untuk menjalani hari Senin yang semangat.

Demikian lah tadi artikel mengenai air terjun Banyunibo. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *