Air Terjun Banyunibo Gunung Kidul

Kabupaten Gunung Kidul, selain memiliki air terjun Sri Gethuk, juga memiliki air terjun lainnya. Nama air terjun itu adalah Air Terjun Banyunibo. Air terjun ini berada di Dusun Batur, Desa Putat, Pathuk, Gunung Kidul. Lokasi air terjun ini tidak jauh dari Gunung Api Purba Nglanggeran.

Air terjun yang satu ini dikembangkan bersamaan dengan paket wisata desa Bobung. Oleh karena itu, beberapa fasilitas telah dikembangkan seperti jalan menuju air terjun, tersedia beberapa warung makan, dan toilet umum. Di area wisata ini juga tersedia halaman parkir yang cukup luas. Wah, bisa ramai-ramai datang kemari bersama teman atau keluarga, dong.

  1. Akses Menuju Air Terjun Banyunibo

Air Terjun Banyunibo Gunung Kidul
Air Terjun Banyunibo Gunung Kidul

Menuju ke Banyutibo tidaklah sulit. Dari kota Jogja, lajukan kendaraanmu melalui jalan Wonosari ke bukit Pathuk. Ikuti terus jalan tersebut hingga menemukan papan petunjuk menuju desa wisata Bobung. Ikuti hingga menemukan papan selamat datang di Dusun Batur.

Untuk sampai ke air terjunnya, Kamu harus berjalan kaki sekitar 400 meter. Tidak perlu khawatir, jalan menuju air terjun Banyunibo ini sudah dicor oleh warga. Sehingga aksesnya tidak begitu susah untuk dilewati.

Air terjun ini tidak terlihat dari kejauhan karena tertutup oleh batu-batu besar. Menurut warga sekitar, batu-batu tersebut runtuh dari atas tebing saat gempa tahun 2006 lalu. Tinggi tebing air terjun ini sampai 35 meter, lo.

Sepanjang jalan menuju ke air terjun, Kamu akan menemukan terasering sawah warga yang sangat indah. Banyak wisatawan berhenti sejenak untuk mengabadikan pemandangan di sana.

  1. Harga Tiket Masuk di Air Terjun Banyunibo

Harga tiket masuk di Air Terjun Banyunibo ini sangat murah. Khusus yang menggunakan motor, Kamu hanya perlu mengambil 5.000 rupiah saja dari dompetmu. Uang tersebut digunakan untuk membeli tiket sebesar 3.000 rupiah dan parkir 2.000 rupiah. Apabila Kamu datang menggunakan mobil, Kamu cukup membayar parkir 5.000 rupiah saja.

Harga di atas adalah harga per orang, lo. Kalau datang kemari berdua dengan pacar atau bersama keluarga, kalikan saja jumlah orang yang hadir dengan nominal harga tiketnya.

  1. Aktifitas di Air Terjun Banyunibo

Ada banyak aktifitas yang dapat Kamu lakukan di air terjun Banyunibo ini. Misalnya seperti hunting foto. Buat Kamu yang hobi memfoto atau difoto, air terjun yang satu ini dapat menjadi tujuanmu. Apabila Kamu ingin berfoto ria dengan debit air yang banyak, datanglah saat musim hujan tiba. Karena saat musim kemarau, debit air mengecil dan membuat keindahan air terjun ini sedikit berkurang.

Lelah memotret, Kamu bisa mencicipi kuliner yang berada di sekitar air terjun ini. Apa lagi sebelum sampai di sini Kamu harus berjalan kaki beberapa meter. Kamu dapat menghilangkan penat dengan menikmati segelas es teh sambil menghirup udara segar dan gemericik air terjun.

.Nah, air terjun Banyunibo ini paling indah dinikmati pada saat musim hujan tiba. Tapi jangan lupa, pakailah pakaian dan sandal yang cocok digunakan saat hujan. Jangan sampai Kamu kepleset saat menuju air terjun. Nanti jadinya bukan berwisata, malah badan sakit-sakit semua.

Demikianlah artikel tentang Air Terjun Banyunibo di Gunung Kidul. Bagaimana? Sudah ada gambaran mengenai akses, harga tiket masuk, dan aktifitas di air terjun Banyunibo, kan? Sudah memikirkan akan kemana akhir pekan ini? Nah, mungkin air terjun Banyunibo ini bisa jadi salah satu alternatif liburanmu akhir pekan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *