Bagaimana Akses Menuju Air Terjun Pulosari?

Bantul, selain memiliki keindahan pantainya juga menyimpan banyak air terjun yang menawan. Salah satu air terjun tersebut adalah Air Terjun Pulosari. Karena letak air terjun ini berada di antara jurang, air terjun ini juga dikenal dengan Air Terjun Jurang Pulosari.

Air terjun Pulosari ini terletak di Desa Krebet, salah satu desa wisata pengrajin Batik di Bantul. Jadi, selain dapat menikmati indahnya air terjun di sini, Kamu juga bisa menyaksikan langsung pembuatan kain-kain batik asli dari pengrajin. Kamu juga bisa mengunjungi air terjun lain yang tidak jauh dari desa ini.

Mau berkunjung ke air terjun Pulosari akhir minggu ini? Simak artikel ini dulu, yuk.

  1. Akses Menuju Air Terjun Pulosari

Air Terjun Pulosari
Air Terjun Pulosari

Akses menuju air terjun pulosari ini cukup mudah. Apabila Kamu berangkat dari arah Jogja, lajukan kendaraanmu menuju Jalan Bantul. Sampai di Gapura Kasongan, belok ke arah Pajangan. Lanjutkan perjalananmu hingga ke desa Krebet.

Air terjun Pulosari ini letaknya di pegunungan. Karena itu, saat kemari Kamu harus memastikan kalau kendaraanmu dalam keadaan yang paling baik. Medan menuju ke sini memang khas jalan-jalan di pegunungan.

Waktu yang akan Kamu tempuh dari Kota Jogja sampai ke Pulosari ini antara 45 menit hingga satu jam saja. Tidak begitu jauh dari kota Jogja. Sepanjang perjalanan, Kamu akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah.

Udara di sekitar daerah ini juga sangat segar. Posisi air terjun di pegunungan membuat udara di sekitar air terjun ini jauh dari polusi udara.

  1. Harga Tiket Masuk di Air Terjun Pulosari

Seperti objek wisata yang lainnya, harga tiket masuk air terjun Pulosari juga sangat murah. Kamu hanya perlu memberikan konstribusi untuk uang parkir yaitu 2.000 rupiah untuk motor dan 5.000 rupiah untuk mobil.

Bagaimana dengan tiket masuknya?

Tiket masuknya masih gratis alias tidak dikenakan biaya sedikit pun. Asyik, kan?

  1. Aktifitas di Air Terjun Pulosari

Ada banyak aktifitas yang dapat Kamu lakukan di air terjun ini. Yang paling seru dan ditunggu-tunggu wisatawan adalah bermain air dan berenang di sini. Air terjun Pulosari ini jatuh ke dalam kolam yang airnya sangat bening. Kamu bisa menikmati kesegaran air kolam ketika berenang di sini.

Kolam di air terjun Pulosari sangat aman untuk berenang baik bagi dewasa mau pun anak-anak. Kedalaman dalam kolam ini memang cukup dangkal. Hanya 1 hingga 1,5 meter saja. Jadi, jangan ragu-ragu untuk menyeburkan diri Kamu di kolam ini, ya.

Air terjun Pulosari ini membentuk tirai-tirai air yang mengagumkan. Pemandangan di sekitar air terjun ini sangat indah. Air terjun Pulosari ini dihiasi jejeran batuan yang indah. Tanaman-tanaman dan bunga-bunga liar juga tumbuh di sekitar air terjun ini. Cocok dijadikan tempat hunting foto bagi kamu yang hobi fotografi.

Sudah dapat gambaran mengenai air terjun Pulosari ini? Nah, buat Kamu yang hendak berwisata ke air terjun Pulosari ini, Kamu harus memastikan bahwa tubuh dan kendaraanmu dalam keadaan fit. Pastikan juga datang ke sini saat musim kemarau tiba, agar Kamu dapat berenang dengan aman dan nyaman.

Apabila Kamu ingin datang kemari saat musim hujan juga bisa. Debit air yang lebih banyak membuat aliran sungai menjadi lebih deras. Semakin indah apabila dijadikan background fotomu.

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan teman-teman tentang Air Terjun Pulosari dan dapat menjadi referensi tempat wisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *