Indahnya Air Terjun Mudal Yogyakarta

Air Terjun Mudal – Kulon Progo kini menjelma menjadi destinasi wisata di Yogyakarta. Di masa depan, Kulon Progo diramalkan akan semakin ramai pengunjung. Apalagi sedang ada pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta yang sudah hampir selesai. Nah, salah satu destinasi wisata yang sedang berkembang adalah Air Terjun Mudal.

Air terjun Mudal ini terletak di Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Letak air terjun ini lebih tinggi dibanding dengan air terjun Kedung Pedut dan air terjun Kembang Soka. Air dari air terjun ini merupakan air terjun yang mengalir di atas kedua air terjun tersebut.

Air terjun Mudal ini adalah air terjun yang berasal dari mata air yang selalu memancar sepanjang tahun. Sumber mata air tersebut selain membentuk air terjun Mudal yang indah juga merupakan sumber air bersih bagi masyarakat sekitar. Tak ayal, terdapat pipa-pipa yang sambung menyambung untuk mengairi rumah-rumah warga di sekitar air terjun.

  1. Akses Menuju Air Terjun Mudal

Akses menuju ke air terjun Mudal ini cukup mudah. Dari kota Jogja, lajukan kendaraanmu hingga ke pasar Godean hingga jembatan Sungai Progo. Setelah sampai di pertigaan, belok kanan ke arah gua Kiskendo. Sesampainya di Gua Kiskendo, lurus hingga menemukan pertigaan, lalu belok kiri ke arah Kokap.

Nah, sesampainya di Kokap, Kamu hanya perlu mengikuti petunjuk jalan hingga sampai ke Taman Sungai Mudal. Di taman itu lah air terjun Mudal ini berada.

Apabila Kamu masih bingung, Kamu bisa menggunakan google map, kok. Air terjun Mudal ini sudah tersedia di maps. Kata kuncinya adalah Taman Sungai Mudal.

Untuk menuju ke air terjun Mudal ini dari kawasan Taman Sungai Mudal Kamu harus melewati jembatan. Jembatan ini terbuat dari kayu dan bambu.

  1. Harga Tiket Masuk di Air Terjun Mudal

Tiket masuk wisata alam di Jogja jarang sekali yang harganya mahal. Termasuk untuk masuk ke wisata air terjun Mudal ini. Kamu cukup membayar 4.000 rupiah per orang untuk tiket masuk.

Uang parkir yang ditarik juga cukup murah. Hanya 2.000 rupiah saja untuk motor dan 5.000 rupiah untuk mobil. Murah banget, kan?

  1. Aktifitas di Air Terjun Mudal

Ada banyak aktifitas yang dapat Kamu lakukan di air terjun Mudal ini. Misalnya seperti melakukan pemotretan, piknik, atau berenang. Nah, untuk aktifitas berenang, memang tidak dilakukan di bawah air terjun. Pengelola tempat wisata ini telah menyediakan kolam di Taman Sungai Mudal untuk Kamu yang hendak berenang.

Selain berenang, kegiatan seru lainnya yang dapat Kamu lakukan di kawasan wisata Taman Mudal ini adalah Kamu bisa melakukan rappeling atau water canyoning. Kegiatan tersebut tentu lebih seru dilakukan saat debit air sedang deras. Biasanya, debit air deras ketika sedang musim hujan.

Salah satu keunikan di air terjun ini adalah air yang tetap bening meskipun musim penghujan tiba. Kejernihan dan kesegaran air di sini tentu tidak boleh Kamu lewatkan. Jadi, siapkan baju ganti bila hendak berwisata kemari, ya.

Nah, untuk berwisata ke air terjun, memang harus memperhatikan musim yang sedang berlangsung. Air terjun sangat indah dinikmati ketika musim hujan karena debit air yang banyak. Namun, Kamu harus menyiapkan diri dengan memakai sandal atau sepatu anti slip agar tidak terpeleset, ya.

Setelah membaca artikel di atas, apa Kamu siap berlibur dan menikmati keindahan Air Terjun Mudal Di Kulon Progo?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *