Keindahan Air Terjun Pantai Jogan Pasti Buat Liburanmu Makin Seru

Dari namanya saja, dapat ditebak bahwa air terjun ini terletak di Pantai Jogan. Pantai Jogan itu dimana, ya? Nah, Air Terjun Pantai Jogan ini berada di Tepus, Gunung Kidul. Air terjun ini berada di lokasi yang tidak jauh dari pantai Siung.

Penasaran dengan air terjun yang fenomenal ini? Sebelum berkunjung ke sana, ada baiknya Kamu membaca artikel berikut.

  1. Akses Menuju Air Terjun Pantai Jogan

Akses menuju ke air terjun Pantai Jogan ini sama seperti menuju ke Pantai Siung. Perbedaannya, jalan ke Pantai Jogan masih merupakan cor blok dan belum diaspal seperti jalan menuju Pantai Siung.

Perjalanan menuju Pantai Jogan, bila Kamu menggunakan kendaraan roda dua, butuh waktu sekitar dua jam dari kota Jogja. Jalan menuju ke pantai ini cukup mudah. Kamu dapat melajukan kendaraanmu di Jalan Wonosari menuju pos retribusi Pantai Siung. Dari sini, perjalananmu tinggal sedikit lagi. Sekitar 400 meter dari pos tersebut, terdapat papan petunjuk ke Pantai Jogan.

Air Terjun Pantai Jogan
Air Terjun Pantai Jogan

Rute yang biasa diambil adalah dari Jogja menuju ke Piyungan lalu terus hingga Patuk. Sesampainya di Patuk, teruskan perjalanan hingga Alun-alun Wonosari. Dari sana, menuju ke perempatan setelah Jembatan Sirak, lalu belok kanan. Setelah sampai di Pasar Semanu, lurus ke Selatan hingga Panggul. Lanjutkan perjalanan hingga sampai di Pos Retribusi Pantai Siung.

  1. Harga Tiket Masuk di Air Terjun Pantai Jogan

Memiliki ciri khas yang unik dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Gunung Kidul, biaya tiket masuk di pantai ini sama dengan yang lainnya. Harga tiket masuk ke pantai ini adalah 3.000 rupiah. Untuk kendaraan roda dua yang Kamu gunakan, ada biaya parkirnya juga, lo. Biaya parkirnya hanya 2.000 rupiah saja, kok.

  1. Aktifitas di Air Terjun Pantai Jogan

Selain dapat menikmati keindahan air terjun yang langsung bertemu dengan lautan, Kamu dapat menikmati indahnya Samudera Hindia dari kejauhan. Deburan ombak dan semilir angin laut, dapat mengubah mood jelek menjadi lebih baik.

Kamu juga bisa menikmati aliran Air Terjun Pantai Jogan di bawah tebing terutama saat laut sedang surut. Di bawah air terjun ini, Kamu dapat menikmati kesegaran air terjun di atas bebatuan yang terdapat sedikit pasir.

Hati-hati saat turun ke bawah, ya. Jalannya cukup licin dan terjal. Tapi jangan khawatir, pengelola telah menyediakan pegangan tangan agar Kamu tidak terpeleset saat turun ke bawah.

Nah, buat Kamu yang ragu-ragu turun karena khawatir airnya asin. Tenang saja. Air terjun ini airnya sangat tawar dan tidak terasa asin sama sekali. Air terjun itu adalah air terjun yang berasal dari sungai yang tidak terkontaminasi dengan air laut.

Pada saat air pasang, Kamu tidak dapat turun ke bawah karena batuan tersebut terendam air laut. Cara lain yang dapat Kamu lakukan untuk menikmati air terjun ini adalah dengan berdiri di pinggir tebing di sekitar air terjun tersebut.

Pesona air terjun pantai Jogan ini memang tidak dapat terelakkan. Untuk datang dan menikmati air terjun di sini, paling indah adalah ketika musim penghujan tiba. Debit air yang banyak membuat aliran air di air terjun ini cukp deras.

Apabila Kamu datang saat musim kemarau tiba, air terjun di Pantai Jogan ini memiliki debit air yang cukup sedikit. Sehingga kurang apik dipandang.

Sudah punya gambaran tentang Pantai Jogan setelah membaca artikel ini? Semoga artikel mengenai Air Terjun Pantai Jogan ini bermanfaat dan menambah wawasan Kamu semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *