Rasakan Pesona Air Terjun Lepo Dlingo

Air terjun Lepo Dlingo -Primadona dari Bantul ini menurut sebagian orang merupakan replika dari air terjun “Erawan Falls” yang berada di Thailand. Air terjun ini juga dikenal dengan nama air terjun Ledok Pokoh. Letak air terjun ini memang berada di Desa Pokoh, Dlingo, Bantul.

Tertarik mau liburan kemari dan merasakan sensasi seperti di Thailand? Simak artikel berikut.

  1. Akses Menuju Air Terjun Lepo Dlingo

Air terjun Lepo Dlingo ini terletak 30 km dari kota Yogyakarta. Ada beberapa rute yang dapat Kamu ambil untuk menuju ke air terjun ini. Namun, yang paling mudah adalah melalui Jalan Imogiri.

Bagaimana caranya?

Dari Kota Yogya, Kamu dapat melajukan kendaraanmu ke arah terminal Giwangan terus sampai mentok, lalu belok kiri di jalan Imogiri. Selanjutnya, teruskan perjalananmu hingga pasar Dlingo. Tidak jauh dari pasar tersebut, Kamu akan sampai di dusun Pokoh 1.

Di dusun Pokoh 1 akan banyak rumah-rumah yang menyediakan tempat parkir untuk kendaraanmu. Kamu dapat memarkirkan kendaraanmu di sana lalu melanjutkan perjalanan ke air terjun dengan berjalan kaki.

Kamu tidak perlu khawatir. Jalan menuju air terjun dengan tempat parkir tidak begitu jauh dan sudah dilengkapi dengan jalan setapak. Kamu cukup menggunakan sepatu anti slip karena jalan di sini cukup licin terutama ketika musim penghujan tiba.

  1. Harga Tiket Masuk di Air Terjun Lepo Dlingo

Air Terjun Lepo Dlingo
Air Terjun Lepo Dlingo

Harga tiket masuk di air terjun ini belum ditentukan. Namun, Kamu harus membayar uang parkir. Biasanya, parkir motor di sini adalah 2.000 rupiah untuk motor dan 10.000 rupiah untuk kendaraan roda empat.

  1. Aktifitas di Air Terjun Lepo Dlingo

Ada banyak aktifitas yang dapat Kamu lakukan di air terjun ini. Air Tejun Lepo Dlingo ini memiliki kontur yang unik seperti undak-undakan. Di setiap tingkatnya terdapat kolam yang dapat digunakan untuk berenang.

Pada tingkat pertama, air terjun memiliki ketinggian sedang. Di bawah air terjun tersebut, terdapat kolam yang cukup dangkal. Di sini, Kamu bisa mencelupkan kaki sambil berpose dengan latar belakang air terjun mini.

Pada kolam ditingkat pertama ini, anak-anak dapat berenang dengan aman. Ketinggian kolam yang hanya setengah meter membuat orang tua tidak khawatir untuk melepas anaknya nyebur di kolam ini. Namun, pastikan anak-anak berenang di sini dengan pengawasan orang tua, ya.

Pada tingkat kedua, air yang berada di kolamnya juga cukup dangkal. Ketinggian air hanya selutut orang dewasa. Hanya saja, jalan menuju ke tingkat kedua ini cukup curam dan tajam. Sehingga Kamu harus lebih hati-hati bila ingin naik kemari.

Di tingkat ketiga terdapat kolam yang paling dalam. Kolam ini memiliki kedalaman se dalam 2 meter. Biasanya kolam ini digunakan untuk renang bagi orang-orang dewasa. Kolam di sini juga merupakan kolam yang paling luas.

Untuk datang ke air terjun ini, Kamu harus memperhatikan musim. Air yang mengalir di musim penghujan biasanya keruh dan berwarna kecoklatan. Namun, aliran air cukup deras, sehingga air terjun ini sangat indah untuk dipandang.

Apabila Kamu ingin berenang di air terjun ini, waktu yang paling tepat adalah saat musim kemarau tiba. Aliran air yang tidak deras membuat air yang mengalir tidak bewarna alias bening. Kamu jadi bisa lebih menikmati kesegaran air di air terjun ini.

Nah, sudah ada gambaran, kan tentang Air Terjun Lepo Dlingo ini? Semoga artikel ini bisa menjadi guidelines Kamu menuju air terjun Lepo Dlingo. Selamat liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *