Wisata Air Terjun Watu Jengger: Bagaimana Akses Menujunya?

Air Terjun Watu Jengger –┬áTahukah Kamu? Puncak Suroloyo Kulon Progo, Yogyakarta, menyimpanan keindahan alam yang luar biasa. Salah satu fenomena alam yang masih belum terdengar gaungnya adalah air terjun watu jengger.

Terletak di Dusun Madigondo, Desa Sidoharjo, Samiguluh, Kulon Progo. Jarak menuju air terjun ini dari jalur selatan Jawa sekitar 30 km. Sedangkan apabila berangkat dari Sentolo, Magelang, jarak yang ditempuh hanya 25 km saja.

Sebelum melajukan kendaraanmu ke air terjun ini, ada baiknya Kamu menyimak artikel berikut. Artikel ini akan membahas tentang akses, harga tiket masuk, dan rute menuju air terjun Watu Jengger. Jangan dilewatkan, ya.

  1. Akses Menuju Air Terjun Watu Jengger

Akses menuju Air Terjun Watu Jengger ini dapat dilakukan melalui jalur selatan dan bisa juga lewat Magelang. Bagi Kamu yang hendak kemari dari Magelang, Kamu dapat melajukan kendaraanmu ke arah Sentolo. Setelah itu, ambil ke arah utara terus hingga ke Kalibawang. Sesampainya di Kalibawang, Kamu harus menyusuri jalan hingga menemukan papan petunjuk ke arah air terjun Watu Jengger.

Apabila Kamu berangkat dari Kota Jogja, lajukan terus kendaraanmu ke arah Suroloyo. Setelah itu, cari papan petunjuk menuju ke air terjun Watu Jengger.

Air terjun Watu Jengger ini sudah terdaftar di google maps, lo. Jadi, untuk berangkat ke sana, Kamu hanya perlu mengatur GPS di telepon genggam Kamu dalam posisi on. Ikuti saja arah yang tertera di google maps.

Apabila Kamu masih bingung, jangan sungkan untuk bertanya. Masyarakat di sekitar air terjun Watu Jengger ini sangat ramah. Mereka pasti akan membantumu menemukan air terjun yang masih tersembunyi ini.

  1. Harga Tiket Masuk di Air Terjun Watu Jengger

Air terjun yang telah dibuka sejak tiga tahun yang lalu ini juga menawarkan harga tiket masuk yang sangat murah. Kamu hanya perlu mengambil uang seribu sebanyak lima lembar untuk dapat menikmati kesejukan alam di air terjun Watu jengger ini.

Biaya parkir yang dikenakan juga hampir sama seperti wisata alam lainnya di Jogja. Kamu hanya perlu membayar 2.000 rupiah untuk motor dan 5.000 rupiah untuk kendaraan jenis roda empat.

  1. Aktifitas di Air Terjun Watu Jengger

Menikmati segarnya air di Watu Jengger tentu kurang seru bila tidak berbasah-basahan sekalian. Di kawasan wisata ini, Kamu dapat berenang tidak jauh dari jatuhnya aliran air. Namun harus tetap hati-hati, ya.

Selain bidang yang mungkin sedikit licin, aliran air di air terjun ini akan semakin deras apabila musim hujan tiba. Debit air yang meningkat membuat air terjun ini terlihat ganas. Saat seperti itu, berenang tidak direkomendasikan di dekat jatuhnya air.

Suasana yang asri dan relatif sepi membuat air terjun ini cocok sebagai tempat pemotretan dengan tema outdoor. Apabila merasa terlalu biasanya untuk berfoto wisuda di studio, berfoto wisuda di alam bebas begini, patut dicoba, lo.

Kamu juga dapat menikmati bekal bersama keluarga di sini. Terdapat beberapa gazebo yang dapat Kamu dan orang-orang tersayangmu bercengkrama. Rasa makanan dan minuman yang dibawa tentu berkali lipat enaknya bila dimakan bersama orang-orang terkasih.

Tidak bawa bekal? Tenang, di sekitar air terjun ini, terdapat beberapa penjual makanan yang dapat Kamu beli.

Berbicara tentang destinasi di Jogja memang tidak ada habisnya. Semua wisata memiliki keunikan masing-masing, termasuk pada Air Terjun Watu Jengger ini. Semoga artikel ini membuat teman-teman semakin mantap untuk berkunjung kemari, ya. Selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *